Pages

Honda Vario cbs Vs Yamaha Xeon Vs Suzuki Hayate

Kamis, 19 Mei 2011 | di 00.07

Suzuki hayate vs Yamaha xeon vs Honda vario cbs.

Dipilih-dipilih
artikel ini  jelas ngopy plek jiplek dari motorplus

Suzuki Hayate 125 yang merupakan generasi penerus Suzuki Skywave 125 sudah resmi dijual di Indonesia. Mengusung mesin 125cc dan dilepas dengan harganya Rp 14,3 juta (on the road Jakarta), skubek yang menggunakan model Irfan Bacdhim ini setara disandingkan dengan Vario CBS Techno dan Xeon 125.Ketiganya diposisikan sebagai skubek yang satu level, sama-sama masuk golongan skubek Hi-End. Harganya pun tak jauh berbeda, Vario CBS Techno dan Xeon dilepas Rp 15,8 jutaan. Begitu juga dengan fitur dan teknologinya. Yuks kita bandingkan!



Fitur Kenyamanan dan Akomodasi
Secara desain, ketiganya menonjolkan kesan futuristik tapi didesain tanpa melupakan kebutuhan dan kenyamanan sang pengendara. Ketiganya menawarkan jok tebal yang akan membuat nyaman berlama-lama berkendara.


bagasi hayate                                    bagasi xeon                                 bagasi vario cbs

Pijakan kaki yang luas dimiliki Xeon dan Vario CBS Techno, tapi pada Hayate masih terhalang sasis di tengah. Meski begitu, berdasarkan pengalaman berkendara bersama Hayate 125, ruang kaki yang tersedia masih cukup nyaman.Lingkar roda 16 inci dan dual suspension di belakang membuat Hayate diklaim lebih unggul soal kenyamanan. Lingkar roda dengan diameter besar dipercaya mampu meredam guncangan lebih baik ketimbang roda 14 inci.
Tapi secara dimensi, Xeon paling imut dan dipastikan lebih lincah meliuk di kemacetan. Vario CBS Techno ada ditengah-tengah dan Hayate paling gambot. Meski Suzuki mendesain setang yang tak terlalu lebar agar handling lebih lincah, tapi wheel base yang mencapai 1.285 mm dan buntutnya yang panjang tetap terasa.
Sedang urusan akomodasi, ketiga skubek ini sudah menyediakan konsol boks di bawah setang.  Lalu boks bagasi di bawah jok pun disiapkan dengan dimensi cukup besar.
Hayate harus diakui punya ruang penyimpanan di bawah jok paling luas, helm full face bisa masuk! Sedang Xeon hanya cukup untuk menyimpan helm half face. Sedang Vario paling sempit, hanya muat dua set jas hujan dan beberapa kunci perlengkapan.
Fitur Safety
Bicara fitur safety, kemajuan pada Hayate 125 ada pada standar samping yang terkoneksi dengan engine stop layaknya Honda Vario CBS Techno. Mesin ogah nyala bila standar samping masih terbuka. Sebagai catatan, Xeon tidak punya perangkat ini.
Selain itu, Hayate juga telah di lengkapi dengan AHO (Automatic Headlamp On). Hayate jadi skubek pertama yang lampunya langsung menyala sejak mesin dihidupkan.


dashboard   hayate                                            xeon                                        vario techno cbs

Untuk perangkat safety lainnya, Vario CBS Techno tetap unggul. Skubek honda ini dilengkapi dengan combi brake system yang secara otomatis akan memberikan bantuan rem depan saat rem belakang difungsikan. Vario CBS Techno juga satu-satu dari ketiga skubek ini yang punya fitur rem parkir.
Perangkat safety yang ada di semua skubek ini adalah kunci setang berpengaman magnet, Suzuki menyebutnya Integrated magnetic key shutter. Selain itu, dual head lamp juga menjadi andalan tiga skubek ini.
Fitur dan Teknologi Mesin

Secara spesifikasi mesin, Xeon dipastikan paling juara. Mesinnya 125cc satu silinder, SOHC dengan 2 klep yang setara Hayate, tapi sudah dilengkapi dengan water cooler. Sedang Vario CBS Techno hanya 110cc meski sudah dilengkapi dengan water cooler.
Kapasitas mesin besar tentunya membutuhkan suplai bahan bakar lebih besar, makanya Hayate dan Xeon pakai karburator berventuri 26 mm, sedang Vario CBS Techno hanya 22 mm.
Tapi karbu Xeon lebih canggih karena sudah dilengkapi dengan TPS (Throttle Position Sensor) yang memberikan input pengapian sesuai bukaan selongsong gas. Hasilnya pembakaran diklaim lebih sempurna.
Xeon juga sudah mengadopsi DiASil Cylinder setara dengan Hayate yang pakai SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material. Keuntungan material ini membuat blok silinder lebih kuat dan antigores. Selain itu mampu mengurangi panas berlebih.
Sedang untuk power yang dihasilkan, Hayate dan Xeon setara dengan power 9,6 Ps, sedang Vario CBS Techno hanya 8,99 Ps, meski paling kecil Vario diyakini punya konsumsi BBM lebih hemat ketimbang kedua rivalnya ini
perbandingan tehnis

Suzuki Hayate 125
Yamaha Xeon
Honda Vario CBS Techno
Harga OTR Jakarta (Rp,Juta)
14,3
15,9
15,9
Pilihan warna
4
5
5
Garansi mesin (tahun)
3
3
3
Dimensi



Panjang x Lebar x Tinggi (mm)
1.925 x 670 x 1.070
1.850 x 685 x 1.060
1.904 x 680 x 1.090
Jarak sumbu roda (mm)
1.285
1.260
1.273
Jarak terendah ke tanah (mm)
140
125
133
Berat kosong (kg)
113
103
101
Kapasitas tangki BBM (Liter)
4,7
4,1
3,6
Kapasitas oli mesin (Liter)
1
0,8
0,7
Rangka



Suspensi depan
Teleskopik
Teleskopik
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, sokbreker ganda
Lengan ayun, sokbreker tunggal
Lengan ayun, sokbreker tunggal
Rem depan
Cakram hidrolis
Cakram hidrolis
Cakram hidrolis
Rem belakang
Tromol
Tromol
Tromol
Pelek depan
Casting 16 inci
Casting 14 inci
Casting 14 inci
Pelek belakang
Casting 16 inci
Casting 14 inci
Casting 14 inci
Ukuran ban depan
70/90 – 16m / C36P
70/90 – 14m / C34P
80/90 – 14m / C40P
Ukuran ban belakang
80/90-16m / C43P
90/80-14m / C49P
90/90-14m / C46P
Mesin



Tipe
SOHC 4-tak
SOHC 4-tak
SOHC 4-tak
Sistem pendingin
Udara
Liquid (radiator)
Liquid (radiator)
Diameter x langkah (mm)
53,5 x 55,2
52,4 x 57,9
50 x 55
Kapasitas silinder (cc)
124
124
108
Perbandingan kompresi
9,6 : 1
10,9 : 1
10,7 : 1
Daya maksimum (ps/rpm)
9,6 / 8.000
9,6 / 8.000
8,99 / 8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm)
9,8 / 6.500
10,10 / 7.000
8,33 / 6.500
Karburator
Mikuni BS26
Mikuni BS26
Keihin VK22
Busi
NGK CR6HSA / ND U20FS-U
NGK CR7E
NGK CR7EH-9 / ND U22FER9
Kopling
Kering, Sentrifugal AT
Kering, Sentrifugal AT
Kering, Sentrifugal AT
Sistem penggerak
V-Belt Otomatis (CVT)
V-Belt Otomatis (CVT)
V-Belt Otomatis (CVT)
Sistem pengapian
DC-CDI
DC-CDI
DC-CDI
Sistem starter
Elektrik & Engkol
Elektrik & Engkol
Elektrik & Engkol
Sistem tambahan
-
-
CBS (Combi Brake Sistem)